Wednesday 9 September 2015

Wongsocitro (Raden Tumenggung Mangkuyudo I) dalam pemikiran



Setelah sekian waktu mencari, akhirnya menemukan juga buku yang berjudul Babad Tanah Jawi (Balai Pustaka,1932). Buku ini adalah hasil cetakan dari kumpulan pupuh-pupuh Babad Tanah Jawi yang dikumpulkan di negeri Belanda, yang masih dalam bentuk tembang. Banyak cerita sejarah yang dibicarakan dan dibahas, walau masih dengan bahasa Jawa kuno yang kadang tak bisa dipahami, dan babad ini juga membicarakan tentang sosok Wongsocitro (Raden Tumenggung Mangkuyudo I). Sama seperti saat mendapatkan fotokopian Babad Tanah Jawi in Proza (J.J. Mainsma tahun 1874), hal yang ingin dicari pertama adalah mengenai tokoh satu tersebut, begitupun ketika mendapatkan buku Babad Tanah Jawi Balai Pustaka ini.
Rasa Penasaran mengenai pada sosok Mangkuyudo ini pertama kali muncul ketika suatu hari melewati jalan alternatif (Muntung-Jumo) dan mendapati plang besar bertuliskan “Makam Wali Mangkuyudo”. Ketika membaca kata “Wali” maka dipikiran kita adalah mengenai sosok penyebar agama yang mengenakan jubah-jubah putih ala Wali Songo atau setidaknya tokoh Islam yang berpengaruh. Rasa penasaran tersebut timbul tatkala Mangkuyudo yang pernah pakde-pakde atau mbah-mbah ceritakan dahulu bukanlah sosok seperti penggambaran wali songo atau tokoh agamawan seperti yang kini terlintas dikepala saat membaca plang tulisan tersebut.
Pertanyaannya adalah apakah mbah-mbah atau pakde-pakde selama ini salah menceritakan sosok Mangkuyudo atau sebaliknya, orang-orang yang memanfaatkan nama besar Mangkuyudo dengan asal comot mengangkat atau menganggapnya wali? Tidak bisa dipungkiri, Astana Pakuncen dan Makam dibelakang Langgar yang kini disebut Masjid Mangkuyudo, adalah tempat yang slalu diziarahi oleh orang-orang sejak zaman dulu. Bahkan ada sebuah kisah dari mbah putri almarhum jika Ndoro Jatun (Sultan Hamengku Buwono IX) saat masih muda sering berkunjung ke Desa Ketitang utamanya ke Astana Pakuncen dan Mushola/Langgar dengan iring-iringan dari Kraton Yogyakarta.

Dengan mencari beberapa kajian pustaka mengenai sosok Mangkuyudo maka akhirnya didapatkan garis besar sosok Mangkuyudo I seperti dalam Sejarah Mangkuyudo. Bila Mangkuyudo disebut wali maka harus ada dasar tulisan atau apapun itu yang mendukung bahwa beliau berhak menyandang kewalian. Namun bila beliau-beliau yang dimakamkan di Astana Pekuncen yang menyandang gelar Tumenggung Mangkuyudo tersebut hanyalah seorang abdi negara atau senapati perang seperti apa yang mbah-mbah dan pakde-pakde ceritakan dulu, maka semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kita agar tidak dibodohi oleh segelintir orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari nama besar seseorang.
Dalam Babad Tanah Jawi-nya Mainsma, diceritakan bahwa Mangkuyudo I atau Ki Wongsocitro hanyalah seorang biasa yang dihormati di Kedhu. Seperti dalam cuplikan:

Kala samantên ing Kêdhu taksih sangêt rêsah, kathah tiyang begal kècu mêmaling, sadhatêngipun Radèn Nêrangkusuma tiyang ing ngriku kathah kang sami têluk. Nuntên wontên têtiyang ing Kêdhu satunggal anama Wôngsacitra, sowan sumêja suwita ing Radèn Nêrangkusuma sarta anakipun kêkalih, anama Ki Lêmbu kalih Ki Buwang, balanipun kathah, pangabdinipun inggih sampun katampèn. Ki Wôngsacitra kadhawahan anguyuni tiyang ing Kêdhu sadaya, inggih sampun sami suyud dhatêng Ki Wôngsacitra, Radèn Nêrangkusuma nuntên utusan ngaturi uninga ing sang prabu, sarta sampun kaparingan wangsulan mawi piyagêm, kaparingakên dhatêng Ki Wôngsacitra, kala samantên Wôngsacitra nuntên kaangkat nama Tumênggung Mangkuyuda angrèhakên tiyang Kêdhu sadaya, Ki Lêmbu lan Ki Buwang kapundhut ing sang prabu kaabdèksakên.
Radèn Nêrangkusuma sarêng sampun angsal pawartos bab nagari Matawis, lajêng bidhal wangsul dhatêng Têgal. Ki Tumênggung Mangkuyuda sabalanipun sarta anakipun kêkalih inggih sami andhèrèk.

Kurang lebih dalam Babad Tanah Jawi Balai Pustaka yang berbentuk tembang Dhandhanggulo, diceritakan bagaimana Ki Wangsacitra/Wongsacitra/Wongsocitro bisa mendapatkan kepangkatan/gelar Raden Tumenggung dan mendapatkan sebutan Mangkuyuda/Mangkuyudo.

nanging Ki Wôngsacitra ing mangkin pan ingidhêp dening wong akathah
dadi gêgunungan dhewe anèng desa ing Kêdhu
datan ana lêngganèng kapti sira Ki Wôngsacitra
prakosa atêguh kalawan bawalêksana
marmitane kinalulutan wong cilik sira Ki Wôngsacitra

kawarnaa wau kang lumaris kang anama Arya Sindurêja
nênggih Kathithang jujuge samana sampun rawuh
ing Kathithang rêrêb tumuli andhèr kang pamondhokan
ing desa supênuh kawarnaa Wôngsacitra
sigra sowan mring Sindurêja tumuli sarwi ambêkta sêgah

sakalangkung dènira mintasih Sindurêja lêga ingkang manah
dening tumingal sakèhe wong Kêdhu kathah rawuh
pan sumuyud sarwi tur bêkti sira Ki Wôngsacitra
kang dadya gêgunung wong ing Kêdhu ingirupan
Sindurêja sakalangkung dènirasih marang Ki Wôngsacitra

 malah akarsa jinunjung linggih  apan dinamêl bêbundhêlira
 tiyang Kêdhu sakathahe  ya ta sampun arêmbug
kintun sêrat dhatêng Têtêgil mring Susunan Mangkurat
tan kawarnèng ênu apan sampun ingidenan
ing susunan pinaring lorodan nyamping  sira Ki Wôngsacitra

 tan kawarna wus jinunjung linggih  ingkang anama Ki Wôngsacitra
sampun alêlinggih lante anama Ki Tumênggung
Mangkuyuda dadya têtindhih  tiyang Kêdhu sadaya
pan sampun sumuyud ing Tumênggung Mangkuyuda
Sindurêja kalangkung lêga ing galih ing Kêdhu wus atata

Dari kedua sumber bahan pustaka tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Mangkuyudo I atau Ki Wongsocitro/Kyai Wongsocitro adalah seorang yang dihormati karena kekuatannya bukan ahli agama atau wali atau panembahan. Bahkan dalam Babad Tanah Jawa tembang diceritakan secara detail bagaimana Arya Sindurejo yang berasal dari Juma (Jumo, Temanggung). Sindurejo (bernama Tumenggung Pronontoko yang kemudian berhasil melaksanakan tugas dari Amangkurat Amral untuk mengambil kembang Wijayakusuma dan diangkat menjadi adipati dengan nama Sindurejo) dan Wongsocitro sebenarnya masih famili dari garis Ki Ageng Karotangan. Ki Ageng Karotangan yang memiliki 2 orang putra, Ki Ageng Manganeng dan Kyai Sutomarto. Bila Mangkuyudo dari garis Ki Ageng Manganeng (Muneng, Candiroto, Temanggung) maka Sindurejo dari garis Kyai Sutomarto (Pager Gunung, Bulu, Temanggung).

*catatan kecil dari seorang pecinta sejarah yang semasa kecil mendapatkan cerita mengenai kehebatan Mangkuyudo dari mbah putrinya. 2012. 

30 comments:

  1. maaf mau menanyakan apakah tumengung sindurejo memiliki keturunan? dan nama lain dari tumengung sindurejo adalah gendowor. apabila ada ulasan lagi mohonsaya minta dijelaskan. mksh

    ReplyDelete
  2. maaf ada ulasan lagi gak tentang tumengung sindurejo

    ReplyDelete
  3. Maaf mas krna kesibukan blum smpat nulis lagi. Tp insalloh sya sudah ad bahan tulisan mengenai tumenggung sindurejo jumo dri mangkunegaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun mas ...sak meniko sampun kagungan ..mbok kulo nyuwun

      Delete
    2. sak meniko sampun kagungan mas tomo kulo nyuwun saged ..matur nuwun.sudaryanto 08156567562

      Delete
    3. Kadose garis besaripun sudah kulo tulis di tulisan 'mangkuyudo keberapakah sindurejo jumo'. Cobi... Kulo mendet sumber dari beberapa bku.

      Delete
  4. Sindureja di makamkan di paremono, mungkid, magelang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sindurejo itu gelar mas, maaf bila sya keliru. Tp patih dg nama tsb ada 2.

      Delete
    2. sindurejo itu gelar mas, maaf bila sya keliru. Tp patih dg nama tsb ada 2.

      Delete
  5. Salam,
    Mangkuyudo I/Ki Wongsocitro/"Kyai" Wongsocitro.
    Kyai adalah sebutan untuk yg dituakan/dihormati. Juga bisa untuk menyebut ulama/tokoh.
    Barangkali mas Tomo punya referensi yang menjelaskan tentang Gelar "Kyai" pada Wongsocitro sebagai pemahaman saya. trim
    Oh ya kalau ada waktu silakan berkunjung ke blog saya yang masih sepi Gudang Metode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuwunsewu kalo pemahaman sya, kyai itu gelar dari kependekan ki yai. Kalo yai merujuk langsung ke tokoh agama stlah islam berkembang. Dan ki sendiri dari kata kaki/aki yg merujuk pd orng yg sepuh yg dihormati.
      Ki bisa masuk ke semua bidang, kyai lebih masuk kesebutan/gelar kehormatan yg khusus. Tdk harus tokoh agamawan mas... Soalnya sebutan kyai bagi orng jawa jg untuk penyebutan pusaka. Mugi2 bisa rada memberi masukkan kalo kurang pas mhon dimaafkan mas wkwkw

      Delete
  6. bagus mas ceritanya. Coba check di dusun Gondang Candiroto ada makam Tumenggung Mangkuyudho di situ.Keturunannya ada sampai sekarang lho .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampun ke gondang danon, ada sarean yg dijaro yg konon sarean mangkuyudo. Belum dpt info ttg mangkuyudo tsb..

      Delete
  7. morobongo perlu didalami bang.....
    isih penasaran dengan lanjutan ceritanya

    ReplyDelete
  8. cari sejarah morobongo njo lek

    ReplyDelete
  9. Mangkuyudu adalah gelar untuk seorang tumenggung yang ahli dalam strategi perang . Banyak para Senopati dan tumenggung yang mempunyai derajat kewalian , Salah satunya adalah kadjeng tumenggung mangkuyudu , Senopati dan ulama Demak yang setelah purnatugas mengabdikan dirinya untuk berdakwah di wilayah Jumo .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkuyudo ada banyak karna itu gelar. Mlah blum tahu kalo ada mngkuyudo yg dari demak soalnya sebutan pertama mangkuyudo dlm babad tanah jawi merujuk pd seorang tumenggung dari kediri yg membantu pemberontakan trunojoyo dan mangkuyudo berikutnya adlh ki wongsocitro yg diangkat oleh amngkurat amral untuk memerangi kkuatan trunojoyo.
      Misal ada yg matur kalo mangkuyudo titang adlh murid sunankalijogo... Ya ga nyambung. Sunan kalijogo sugeng dari era demak sampe awal mataram panembahan senapati... Pdhl amangkurat amral buyut ato bahkan cicit panembahan senapati. Nuwunsewu bila salah... Ampun digebyah uyah stiap mangkuyudo karna yg mndpt perintah langsung mengatur soal agama dri keraton adlh mngkuyudo kedua dan beliau putra ki wongsocitro/mangkuyudo kedu pertama.
      Nyuwun dikoreksi...

      Delete
  10. Mangkuyudu adalah gelar untuk seorang tumenggung yang ahli dalam strategi perang . Banyak para Senopati dan tumenggung yang mempunyai derajat kewalian , Salah satunya adalah kadjeng tumenggung mangkuyudu , Senopati dan ulama Demak yang setelah purnatugas mengabdikan dirinya untuk berdakwah di wilayah Jumo .

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuwunsewu ada catatan sejarahnya? kersane bisa dikroscek dan saget buat bahan diskusi sareng.

      Delete
  11. Tolong di koreksi riwayat mangkuyudo yang pesareanya di jambangan2 kota pasuruan

    ReplyDelete
  12. ingkang pundi? wkwkw suwe mboten kopen blog niki soale,, nuwunsewu

    ReplyDelete
  13. Saya keturunan dri eyang Mangkuyudo ketitang.. Terimakasih atas penjabaran sejarahnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jos mas... Mbok kulo ditinggali kontak. Kita ngopi sareng2. Soale katah tulisan kulo sek dereng pas... Jenengan mg2 bisa nambah kronik bahan tulisan dan obrolan mas

      Delete
  14. Pada bagian akhir dereng kawulo edit (dereng gadah wekdal sek santai lan ning)
    Soal pagergunung bulu temanggung harus diralat atau diperkuat dg kronik ato petilasan.
    Nyuwun agunging pangaksami

    ReplyDelete
  15. Keren di temanggung masih banyak misteri yg blm terungkap, banyak candi juga yg masih terkubur, di kedu banyak sekali orang hebat, ada juga kyai umbul ( pangeran danang wiropati) di makam pakisan ada yg panjang kyai wiroleksono, kyao soropospito, yg dari garis keturunan amangkurat jawi karena di anggap penhianat kraton,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bongkar mas sejarahnya... biar generasi yg sekarang tau tetang sejarah pepundennya

      Delete
  16. Mas saged berbagi contak mboten..menawi saged saling tukar cerita soale Kulo geh taseh penasaran soal Maqom yg di belakang langgar ketitang soale ada Simbah buyut' saya yg di makam kan di situ katanya makam keluarga jaman dlu...

    ReplyDelete
  17. Mas saged berbagi contak mboten..menawi saged saling tukar cerita soale Kulo geh taseh penasaran soal Maqom yg di belakang langgar ketitang soale ada Simbah buyut' saya yg di makam kan di situ katanya makam keluarga jaman dlu...

    ReplyDelete
  18. Menarik literaturnya mas.. bisa minta mas ?

    ReplyDelete