Setelah sekian waktu mencari,
akhirnya menemukan juga buku yang berjudul Babad Tanah Jawi (Balai Pustaka,1932).
Buku ini adalah hasil cetakan dari kumpulan pupuh-pupuh Babad Tanah Jawi yang
dikumpulkan di negeri Belanda, yang masih dalam bentuk tembang. Banyak cerita
sejarah yang dibicarakan dan dibahas, walau masih dengan bahasa Jawa kuno yang
kadang tak bisa dipahami, dan babad ini juga membicarakan tentang sosok
Wongsocitro (Raden Tumenggung Mangkuyudo I). Sama seperti saat mendapatkan fotokopian
Babad Tanah Jawi in Proza (J.J. Mainsma tahun 1874), hal yang ingin dicari
pertama adalah mengenai tokoh satu tersebut, begitupun ketika mendapatkan buku Babad
Tanah Jawi Balai Pustaka ini.
Rasa Penasaran mengenai pada sosok
Mangkuyudo ini pertama kali muncul ketika suatu hari melewati jalan alternatif
(Muntung-Jumo) dan mendapati plang besar bertuliskan “Makam Wali Mangkuyudo”.
Ketika membaca kata “Wali” maka dipikiran kita adalah mengenai sosok penyebar
agama yang mengenakan jubah-jubah putih ala Wali Songo atau setidaknya tokoh
Islam yang berpengaruh. Rasa penasaran tersebut timbul tatkala Mangkuyudo yang
pernah pakde-pakde atau mbah-mbah ceritakan dahulu bukanlah sosok seperti
penggambaran wali songo atau tokoh agamawan seperti yang kini terlintas
dikepala saat membaca plang tulisan tersebut.
Pertanyaannya adalah apakah
mbah-mbah atau pakde-pakde selama ini salah menceritakan sosok Mangkuyudo atau
sebaliknya, orang-orang yang memanfaatkan nama besar Mangkuyudo dengan asal
comot mengangkat atau menganggapnya wali? Tidak bisa dipungkiri, Astana
Pakuncen dan Makam dibelakang Langgar yang kini disebut Masjid Mangkuyudo,
adalah tempat yang slalu diziarahi oleh orang-orang sejak zaman dulu. Bahkan
ada sebuah kisah dari mbah putri almarhum jika Ndoro Jatun (Sultan Hamengku
Buwono IX) saat masih muda sering berkunjung ke Desa Ketitang utamanya ke
Astana Pakuncen dan Mushola/Langgar dengan iring-iringan dari Kraton
Yogyakarta.
Dengan mencari beberapa kajian
pustaka mengenai sosok Mangkuyudo maka akhirnya didapatkan garis besar sosok
Mangkuyudo I seperti dalam Sejarah Mangkuyudo. Bila Mangkuyudo disebut wali
maka harus ada dasar tulisan atau apapun itu yang mendukung bahwa beliau berhak
menyandang kewalian. Namun bila beliau-beliau yang dimakamkan di Astana
Pekuncen yang menyandang gelar Tumenggung Mangkuyudo tersebut hanyalah seorang
abdi negara atau senapati perang seperti apa yang mbah-mbah dan pakde-pakde
ceritakan dulu, maka semoga tulisan ini bisa membuka wawasan kita agar tidak
dibodohi oleh segelintir orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari nama
besar seseorang.
Dalam Babad Tanah Jawi-nya
Mainsma, diceritakan bahwa Mangkuyudo I atau Ki Wongsocitro hanyalah seorang
biasa yang dihormati di Kedhu. Seperti dalam cuplikan:
Kala
samantên ing Kêdhu taksih sangêt rêsah, kathah tiyang begal kècu mêmaling,
sadhatêngipun Radèn Nêrangkusuma tiyang ing ngriku kathah kang sami têluk.
Nuntên wontên têtiyang ing Kêdhu satunggal anama Wôngsacitra, sowan sumêja
suwita ing Radèn Nêrangkusuma sarta anakipun kêkalih, anama Ki Lêmbu kalih Ki
Buwang, balanipun kathah, pangabdinipun inggih sampun katampèn. Ki Wôngsacitra
kadhawahan anguyuni tiyang ing Kêdhu sadaya, inggih sampun sami suyud dhatêng
Ki Wôngsacitra, Radèn Nêrangkusuma nuntên utusan ngaturi uninga ing sang prabu,
sarta sampun kaparingan wangsulan mawi piyagêm, kaparingakên dhatêng Ki
Wôngsacitra, kala samantên Wôngsacitra nuntên kaangkat nama Tumênggung
Mangkuyuda angrèhakên tiyang Kêdhu sadaya, Ki Lêmbu lan Ki Buwang kapundhut ing
sang prabu kaabdèksakên.
Radèn
Nêrangkusuma sarêng sampun angsal pawartos bab nagari Matawis, lajêng bidhal
wangsul dhatêng Têgal. Ki Tumênggung Mangkuyuda sabalanipun sarta anakipun
kêkalih inggih sami andhèrèk.
Kurang lebih dalam Babad Tanah
Jawi Balai Pustaka yang berbentuk tembang Dhandhanggulo, diceritakan bagaimana
Ki Wangsacitra/Wongsacitra/Wongsocitro bisa mendapatkan kepangkatan/gelar Raden
Tumenggung dan mendapatkan sebutan Mangkuyuda/Mangkuyudo.
nanging Ki Wôngsacitra ing mangkin pan ingidhêp dening wong akathah
dadi gêgunungan dhewe anèng
desa ing Kêdhu
datan ana lêngganèng kapti sira Ki Wôngsacitra
prakosa atêguh kalawan
bawalêksana
marmitane kinalulutan wong cilik sira Ki Wôngsacitra
kawarnaa wau kang lumaris kang anama Arya Sindurêja
nênggih Kathithang jujuge samana sampun rawuh
ing Kathithang rêrêb tumuli andhèr kang pamondhokan
ing desa supênuh kawarnaa Wôngsacitra
sigra sowan mring Sindurêja tumuli sarwi ambêkta sêgah
sakalangkung dènira mintasih Sindurêja lêga ingkang manah
dening tumingal
sakèhe wong Kêdhu kathah rawuh
pan sumuyud sarwi tur bêkti sira Ki Wôngsacitra
kang dadya gêgunung wong ing Kêdhu ingirupan
Sindurêja sakalangkung dènirasih marang Ki Wôngsacitra
malah akarsa
jinunjung linggih apan dinamêl bêbundhêlira
tiyang Kêdhu
sakathahe ya ta sampun arêmbug
kintun sêrat dhatêng Têtêgil mring Susunan Mangkurat
tan kawarnèng ênu apan sampun ingidenan
ing susunan pinaring lorodan nyamping sira Ki
Wôngsacitra
tan kawarna wus
jinunjung linggih ingkang anama Ki Wôngsacitra
sampun alêlinggih lante anama Ki Tumênggung
Mangkuyuda dadya têtindhih tiyang Kêdhu
sadaya
pan sampun sumuyud ing Tumênggung Mangkuyuda
Sindurêja kalangkung lêga ing galih ing Kêdhu wus
atata
Dari kedua sumber bahan pustaka tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan
bahwa Mangkuyudo I atau Ki Wongsocitro/Kyai Wongsocitro adalah seorang yang
dihormati karena kekuatannya bukan ahli agama atau wali atau panembahan. Bahkan
dalam Babad Tanah Jawa tembang diceritakan secara detail bagaimana Arya
Sindurejo yang berasal dari Juma (Jumo, Temanggung). Sindurejo (bernama
Tumenggung Pronontoko yang kemudian berhasil melaksanakan tugas dari Amangkurat
Amral untuk mengambil kembang Wijayakusuma dan diangkat menjadi adipati dengan
nama Sindurejo) dan Wongsocitro sebenarnya masih famili dari garis Ki Ageng
Karotangan. Ki Ageng Karotangan yang memiliki 2 orang putra, Ki Ageng Manganeng
dan Kyai Sutomarto. Bila Mangkuyudo dari garis Ki Ageng Manganeng (Muneng,
Candiroto, Temanggung) maka Sindurejo dari garis Kyai Sutomarto (Pager Gunung,
Bulu, Temanggung).
*catatan kecil dari seorang pecinta sejarah yang semasa kecil mendapatkan cerita mengenai kehebatan Mangkuyudo dari mbah putrinya. 2012.
maaf mau menanyakan apakah tumengung sindurejo memiliki keturunan? dan nama lain dari tumengung sindurejo adalah gendowor. apabila ada ulasan lagi mohonsaya minta dijelaskan. mksh
ReplyDeletemaaf ada ulasan lagi gak tentang tumengung sindurejo
ReplyDeleteMaaf mas krna kesibukan blum smpat nulis lagi. Tp insalloh sya sudah ad bahan tulisan mengenai tumenggung sindurejo jumo dri mangkunegaran.
ReplyDeletematur nuwun mas ...sak meniko sampun kagungan ..mbok kulo nyuwun
Deletesak meniko sampun kagungan mas tomo kulo nyuwun saged ..matur nuwun.sudaryanto 08156567562
DeleteKadose garis besaripun sudah kulo tulis di tulisan 'mangkuyudo keberapakah sindurejo jumo'. Cobi... Kulo mendet sumber dari beberapa bku.
DeleteSindureja di makamkan di paremono, mungkid, magelang
ReplyDeletesindurejo itu gelar mas, maaf bila sya keliru. Tp patih dg nama tsb ada 2.
Deletesindurejo itu gelar mas, maaf bila sya keliru. Tp patih dg nama tsb ada 2.
DeleteSalam,
ReplyDeleteMangkuyudo I/Ki Wongsocitro/"Kyai" Wongsocitro.
Kyai adalah sebutan untuk yg dituakan/dihormati. Juga bisa untuk menyebut ulama/tokoh.
Barangkali mas Tomo punya referensi yang menjelaskan tentang Gelar "Kyai" pada Wongsocitro sebagai pemahaman saya. trim
Oh ya kalau ada waktu silakan berkunjung ke blog saya yang masih sepi Gudang Metode
Nuwunsewu kalo pemahaman sya, kyai itu gelar dari kependekan ki yai. Kalo yai merujuk langsung ke tokoh agama stlah islam berkembang. Dan ki sendiri dari kata kaki/aki yg merujuk pd orng yg sepuh yg dihormati.
DeleteKi bisa masuk ke semua bidang, kyai lebih masuk kesebutan/gelar kehormatan yg khusus. Tdk harus tokoh agamawan mas... Soalnya sebutan kyai bagi orng jawa jg untuk penyebutan pusaka. Mugi2 bisa rada memberi masukkan kalo kurang pas mhon dimaafkan mas wkwkw
bagus mas ceritanya. Coba check di dusun Gondang Candiroto ada makam Tumenggung Mangkuyudho di situ.Keturunannya ada sampai sekarang lho .....
ReplyDeleteSampun ke gondang danon, ada sarean yg dijaro yg konon sarean mangkuyudo. Belum dpt info ttg mangkuyudo tsb..
Deletemorobongo perlu didalami bang.....
ReplyDeleteisih penasaran dengan lanjutan ceritanya
Jannn kudu ne walandi lek wkwlwkwk
Deletecari sejarah morobongo njo lek
ReplyDeleteMangkuyudu adalah gelar untuk seorang tumenggung yang ahli dalam strategi perang . Banyak para Senopati dan tumenggung yang mempunyai derajat kewalian , Salah satunya adalah kadjeng tumenggung mangkuyudu , Senopati dan ulama Demak yang setelah purnatugas mengabdikan dirinya untuk berdakwah di wilayah Jumo .
ReplyDeleteMangkuyudo ada banyak karna itu gelar. Mlah blum tahu kalo ada mngkuyudo yg dari demak soalnya sebutan pertama mangkuyudo dlm babad tanah jawi merujuk pd seorang tumenggung dari kediri yg membantu pemberontakan trunojoyo dan mangkuyudo berikutnya adlh ki wongsocitro yg diangkat oleh amngkurat amral untuk memerangi kkuatan trunojoyo.
DeleteMisal ada yg matur kalo mangkuyudo titang adlh murid sunankalijogo... Ya ga nyambung. Sunan kalijogo sugeng dari era demak sampe awal mataram panembahan senapati... Pdhl amangkurat amral buyut ato bahkan cicit panembahan senapati. Nuwunsewu bila salah... Ampun digebyah uyah stiap mangkuyudo karna yg mndpt perintah langsung mengatur soal agama dri keraton adlh mngkuyudo kedua dan beliau putra ki wongsocitro/mangkuyudo kedu pertama.
Nyuwun dikoreksi...
Mangkuyudu adalah gelar untuk seorang tumenggung yang ahli dalam strategi perang . Banyak para Senopati dan tumenggung yang mempunyai derajat kewalian , Salah satunya adalah kadjeng tumenggung mangkuyudu , Senopati dan ulama Demak yang setelah purnatugas mengabdikan dirinya untuk berdakwah di wilayah Jumo .
ReplyDeletenuwunsewu ada catatan sejarahnya? kersane bisa dikroscek dan saget buat bahan diskusi sareng.
DeleteTolong di koreksi riwayat mangkuyudo yang pesareanya di jambangan2 kota pasuruan
ReplyDeleteingkang pundi? wkwkw suwe mboten kopen blog niki soale,, nuwunsewu
ReplyDeleteSaya keturunan dri eyang Mangkuyudo ketitang.. Terimakasih atas penjabaran sejarahnya mas..
ReplyDeleteWah jos mas... Mbok kulo ditinggali kontak. Kita ngopi sareng2. Soale katah tulisan kulo sek dereng pas... Jenengan mg2 bisa nambah kronik bahan tulisan dan obrolan mas
DeletePada bagian akhir dereng kawulo edit (dereng gadah wekdal sek santai lan ning)
ReplyDeleteSoal pagergunung bulu temanggung harus diralat atau diperkuat dg kronik ato petilasan.
Nyuwun agunging pangaksami
Keren di temanggung masih banyak misteri yg blm terungkap, banyak candi juga yg masih terkubur, di kedu banyak sekali orang hebat, ada juga kyai umbul ( pangeran danang wiropati) di makam pakisan ada yg panjang kyai wiroleksono, kyao soropospito, yg dari garis keturunan amangkurat jawi karena di anggap penhianat kraton,,,
ReplyDeletebongkar mas sejarahnya... biar generasi yg sekarang tau tetang sejarah pepundennya
DeleteMas saged berbagi contak mboten..menawi saged saling tukar cerita soale Kulo geh taseh penasaran soal Maqom yg di belakang langgar ketitang soale ada Simbah buyut' saya yg di makam kan di situ katanya makam keluarga jaman dlu...
ReplyDeleteMas saged berbagi contak mboten..menawi saged saling tukar cerita soale Kulo geh taseh penasaran soal Maqom yg di belakang langgar ketitang soale ada Simbah buyut' saya yg di makam kan di situ katanya makam keluarga jaman dlu...
ReplyDeleteMenarik literaturnya mas.. bisa minta mas ?
ReplyDelete