Friday 26 February 2016

SEBUTAN WALI UNTUK TUMENGGUNG MANGKUYUDO KEDHU

“Wali Allah adalah orang yang memiliki sifat seperti yang telah disebutkan Allah, yaitu beriman dan bertaqwa." menurut Al-Imam Ath-Thabari
 
Beberapa waktu yang lalu, seorang saudara menyatakan keberatannya karena dalam tulisan sebelumnya ada keberatan saya tentang sebutan "WALI" pada Tumenggung Mangkuyudo. Bila merujuk pada tulisan Imam Ath-Thabari tersebut maka saya yang salah, karena "KEMUNGKINAN" Tumenggung Mangkuyudo bisa jadi adalah seorang yang beriman dan bertaqwa dan pantas bila disebut wali juga karena saya tidak hidup pada zaman beliau hidup.  Namun apakah wali yang saudara saya intepretasikan adalah juga wali yang saya maksudkan?


Tanpa tendensi untuk mendiskreditkan satu orang atau golongan tertentu. Karena kebenaran yang sejati hanya milik Allah.

Pengertian wali dalam hubungannya dengan penyebaran Islam di Jawa khususnya, yang mulai ada sejak zaman Kerajaan Demak, istilah wali mengalami sedikit perubahan makna. Wali tetaplah menjadi pemimpin agama atau ulama namun dipilih oleh Kesultanan Demak dan konsensus kaum ulama yang hidup pada zaman itu. Karena wali yang terpilih tersebut setingkat mufti dan pimpinan perguruan agama Islam/Pondok Pesantren, serta mendapatkan tanah lungguh atau dalam istilah Jawa: Uyun-uyun. Jadi wali tersebut, bila dihubungkan dengan istilah wali yang ada pada zaman Kerajaan Islam Demak dan seterusnya, adalah pejabat urusan agama.

Dalam buku ensiklopedia Jawa "BAUWARNA", disebutkan beberapa dewan wali, sejak zaman Demak hingga zaman Amangkurat II. sbb:


Ing ngisor iki pratelane para wali ngarêp, wiwit kapranata Susuhunan Ngampèldênta karaton Dêmak, nganti tutug jaman karaton Mataram wêkasan.

Sultan Dêmak I/ Patah
Wali sanga.
1.     Susuhunan Ngampèldênta, putrane: Maolana Abu Ibrahim Asmara, Sèh Jumadil Kubra, Sèh Jumadil Kabir, Sèh Mahmudinil Kubra, Sayid Ngabdurrahman, Sayid Ngabdullah, Sayid Hasan, Sayid Sêmangun, Sayid Najêmudinil Kubra, Sayid Najêmudinil Kabir, Sayid Jenal Kabir, Sayid Jenal Ngalim, Sayid Jenal Ngabidin, Sayid Amirul Husèn, Sultan Madinah, Siti Patimah garwa Bagendha Ngali Murtala, Kangjêng Nabi Mukhamad,
2.      Raja Pandhita ing Grêsik, putrane: Maolana Abu Ibrahim Asmara.
3.      Susuhunan Majagung, putrane Sultan Sirajudin, Rajakiyan (munggahe manèh ora olèh lacak).
4.  Susuhunan Gunungjati, putrane: Pangeran Sèh Suta Maharaja, Maolana Abu Amad Iskak, Sèh Jumadil Kubra,
5.      Susuhunan Ngudung, putrane: Sayid Kalipah Kusèn, Sèh Madi, Sayid Hasan
6.      Susuhunan Girigajah Kadhaton, putrane: Sèh Wali Lanang, Maolana Abu Amad Iskak.
7.   Susuhunan Waliyolah ing Pragonan, putrane: Sèh Abu Nangim Ngabdul Ngalim Asparani, Sèh Kusèn Nil Asparani, Sèh Mukamad Asparani, Sèh Ngarip Asparani, Sèh Adam, Sayid Ibrahim Asparani, Sayid Imam Tuskara ing Yahman, Sèh Askar, Sayid Hasan,
8.  Susuhunan Sèh Iman Pugêran, putrane: Sèh Ajikiyan, Sèh Malik, Sèh Jakpar Sadik, Maolana Kamdanil Kubra, Sayid Mahmudinil Kubra,
9.      Susuhunan Pandhanarang, putrane: Maolana Abu Ahmad Iskak,

Sultan Dêmak II/ Pati Unus
Wali wolu.
1.      Isih Susuhunan Gunungjati.
2.      Susuhunan Bonang, putrane: Susuhunan Ngampèldênta,
3.      Susuhunan Darajat, iya putrane: Susuhunan Ngampèldênta,
4.      Susuhunan Giri Dalêm Kadhaton, putrane Susuhunan Giri Gajah Kadhaton,
5.      Susuhunan Padusan, putrane: Pangeran Kalipah Kaji Ngusman ing Malaka, Raja Pandhita ing Grêsik.
6.      Susuhunan Kalinyamat, putrane: Pangeran Kalipah Kaji Ngusman,
7.      Susuhunan Muryapada, putrane: Pangeran Kalipah Kaji Ngusman,
8.      Susuhunan Kudus, putrane: Susuhunan Ngudung

Sultan Dêmak III/ Trenggono
Wali rolas.
1.      Isih Susuhunan Bonang,
2.      Isih Susuhunan Darajat,
3.      Isih Susuhunan Kudus, banjur dadi pangulu,
4.      Susuhunan Kalijaga, putrane: Radèn Arya Mlayakusuma barêng ana ing Japara aran Tumênggung Wilatikta, Radèn Tejakusuma Adipati ing Tuban, Radèn Nêmbe, punggawa ing Majapait, Radèn Lêmbusura, Adipati ing Surabaya, Radèn Tejalaku punggawa ing Majapait, Radèn Teja, adipati ing Tuban, kaparingan tariman putrine Prabu Bratana.
5.      Susuhunan Giri Têgalwangi, putrane: Susuhunan Giri Gajah Kadhaton,
6.      Susuhunan Giri Kidul, iya putrane: Susuhunan Giri Gajah Kadhaton.
7.      Susuhunan Giri Kulon, iya uga putrane: Susuhunan Giri Gajah Kadhaton,
8.      Susuhunan Waruju, iya isih uga putrane: Susuhunan Giri Gajah Kadhaton,
9.      Susuhunan Gêsêng, iya Susuhunan Panggung jêjuluk Sèh Malang Sumirang, putrane: Sayid Kalipah Kusèn,
10.  Susuhunan Giri Kasêpuhan, seda ginêntenan sadhèrèk
11.  Susuhunan Giri Parapèn, iya padha putrane: Susuhunan Giri Dalêm Gajah Kadhaton.
12.  Susuhunan Têmbayat, putrane: Susuhunan Pandhanarang,
13.  Susuhunan Jênar, putrane: Kyai Agêng Ngêrang, sumare ing Sela,

Sultan Pajang/Hadiwijaya/Jaka Tingkir
Wali papat.
1.      Isih Sunan Giri Parapèn,
2.      Isih Sunan Kudus,
3.      Susuhunan Adi Kadilangu, barêng arêp seda wis jaman Mataram, salin jêjuluk Pangeran Jayaprana, sumare ing Kuthagêdhe, kasêbut ing layang Babad MataramVoorb. putrane Susunan Adi ing Kalijaga, Susunan Kalijaga
4.      Susuhunan Kagaluhan, putrane Pangeran Adipati Kagaluhan, Susuhunan Gunungjati,

Mataram Panembahan Senapati 
Wali loro.
1.      Susuhunan Giri Karangguwa, putrane: Susuhunan Giri Parapèn,
2.      Susuhunan Adilangu, putrane: Susuhunan Adi Kadilangu = Pangeran Jayaprana,

Mataram Penembahan Hanyakrawati 
Wali papat
Wali ora sêsêbutan Susuhunan liniru Panêmbahan
1.      Panêmbahan Jurukithing, putrane: Adipati Môndaraka = Jurumartani,
2.      Panêmbahan Agung ing Giri Karangguwa, putrane: Susuhunan ing Giri Karangguwa,
3.      Panêmbahan Jiwa, ing Têmbayat, putrane: Susuhunan Têmbayat,
4.      Panêmbahan Adilangu seda Kêpuh, putrane: Susuhunan Adilangu,

Mataram Sultan Agung, 
Wali wolu,
1.      Isih Panêmbahan Jurukithing
2.      Panêmbahan Agung ing Giri Liman, putrane: Panêmbahan Agung ing Giri Karangguwa,
3.      Panêmbahan Natapraja ing Kadilangu, putrane: Panêmbahan Adilangu seda Kêpuh,
4.    Panêmbahan Kaji ing Kadilangu, putrane: Panêmbahan Katib, Panêmbahan Pangulu, Panêmbahan Agung, Kyai Agêng Ngêrang sumare Sela.
5.    Panêmbahan Kabo ing Têmbayat, banjur dadi Pangulu, putrane: Panêmbahan Jiwa ing Têmbayat, Kang anggêntèni Panêmbahan Masjid wetan, putrane Panêmbahan Kabo,
6.      Panêmbahan Pase, putrane: Panêmbahan Jiwa,
7.      Panêmbahan Tandhoh ing Pathi, putrane: Adipati Pathi Seda Kadhaton, Adipati Pathi Seda ing Biting Taji, Kyai Agêng Pathi = Panjawi,
8.      Panêmbahan Rama ing Kajoran, putrane: Pangeran Mas Adipati Pajang, Sultan Pajang,

Mataram Mangkurat I
Wali papat
1.      Panêmbahan Rama ing Kajoran, putrane: Pangeran Radèn ing Kajoran, Pangeran Agus ing Kajoran, Panêmbahan Agung ing Kajoran, Panêmbahan Agung sumare Panaraga,
2.      Panêmbahan Wijil ing Kadilangu, putrane: Panêmbahan Kaji ing Kadilangu,
3.      Isih Panêmbahan Masjid Wetan,
4.      Isih Panêmbahan Agung ing Giri Liman.

Barêng panjênêngane Ingkang Sinuhun Kangjêng Susuhunan Amangkurat II ing Kartasura, pêpangkataning para wali: karucat, mung kajêjêrake dadi abdi dalêm pradikan, kongsi tutug jaman Surakarta 1832.

Dari sumber tersebut maka pertanyaannya adalah, Mangkuyudo masuk dalam jajaran wali-kah? Bergelar Sunan/Susuhunan kah? Bergelar Panembahan kah? 

Salah satu cara penghilangan sejarah seorang tokoh adalah juga dengan pengaburan gelarnya. Lalu akan timbul pertanyaan, Apakah bila tokoh tersebut disebut wali maka gelar Tumenggungnya tidak pantas disandangkan lagi? Apakah harus gelar wali yang pantas disandangkan untuk orang yang kita hormati? Padahal jelas dan nyata bahwa: MANGKUYUDO KEDU ALIAS WONGSOCITRO ADALAH KUNCI SEJARAH TEMANGGUNG YANG KOSONG DALAM SEJARAH KABUPATEN TEMANGGUNG. 

Selama ini kita hanya tahu bahwa Temanggung adalah salah satu pusat kerajaan Mataram Hindu, lewat banyaknya situs candi, petilasan dan prasasti. Lalu jelas dibanyak tulisan ketika zaman Perang Diponegoro Temanggung adalah salah satu pusat perlawanan dengan tokoh Suro Dipo, Sentot Prawirodirjo yang beribu perempuan Parakan, Adipati Sumodilogo yang terbunuh oleh pasukan Diponegoro dan tokoh-tokoh lain yang tidak terekspos. Dan endingnya adalah pada pasca Perang Diponegoro, Bupati Joyonegoro memindah dari Menoreh/Parakan ke Temanggung pusat kabupatennya. Namun pernahkah kita berpikir zaman Demak, zaman Mataram Islam, zaman Kartosuro, Zaman Solo dan Yogyakarta awal...dimana Temanggung saat itu dalam konstelasi pergumulan sejarah itu? Kita kehilangan banyak sejarah karena ketidakpedulian kita dan karena kita terlalu tidak ambil pusing saat seorang tokoh diklaim menjadi WALI tanpa tahu asal-usulnya dan kita mengiyakan.

Sangat menyedihkan ketika sejarah Temanggung pada zaman Mangkuyudo di zaman Kolonial dihilangkan untuk memudarkan bibit-bibit perlawanan terhadap kolonial Belanda, ketika merdeka, tokoh-tokoh tersebut dengan alasan "TIDAK BERBAU ISLAMI" oleh kalangan tertentu diarabisasi juga. Harus disebut "Wali" harus disebut "Sunan" kalau perlu disebut "Sayyid" agar semakin kental nuansa Arab-nya. IRONIS...

Sekali lagi, tanpa tendensi apapun hanya mencurahkan isi hati dan kepala. Semoga ada ahli-ahli sejarah muda dilingkungan Kabupaten Temanggung yang menguak kekosongan sejarah di Temanggung sebelum dipindahkannya dari Parakan. Karena jujur saja, tidak ada kebanggaan pada sejarah Temanggung yang diprakarsai oleh penjajah saat pemindahan ibukota Menoreh, karena kita sudah tidak lagi dijajah mereka.

No comments:

Post a Comment